Tuesday, September 3, 2013

CPNS Jawa Tengah 2013

Seleksi Penerimaan Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mendapatkan kuota sebanyak 692 formasi lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2013.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng, Suko Mardiono, mengungkapkan 692 kuota CPNS itu dibagi untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng dan 12 pemerintah kabupaten/kota.

“Pemprov Jateng mendapatkan kuota 212 formasi, sisanya 480 formasi tersebar di 12 pemerintah kabupaten/kota,” katanya di Semarang, Senin (2/9/2013).

Sebanyak 212 formasi lowongan CPNS Pemprov Jateng itu, lanjut dia terdiri dari 170 untuk tenaga kesehatan seperti dokter dan perawat, dan 42 tenaga teknis pendukung seperti di dinas sosial dan kesehatan

Sedang 480 formasi lowongan CPNS tersebar di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Kendal, Cilacap, Kudus, Pekalongan, Semarang, Wonosobo, dan Pati, serta Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan, Solo, Semarang, dan Salatiga.

”Kuota dan formasi lowongan CPNS ini ditentukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara. Kami tidak bisa meminta tambahan kuota,” ujarnya.

Sebenarnya, lanjut Suko, Pemprov Jateng masih sangat kekurangan pegawai. Dari kebutuhan ideal sebanyak 20.000 orang PNS, saat ini jumlah PNS di Pemprov Jateng hanya sebanyak 16.700 orang.

Jumlah PNS ini akan terus berkurang, karena setiap tahun pegawai Pemprov Jateng yang memasuki masa pensiun cukup besar.

Suko menyebutkan pada 2013 PNS yang pensiun mencapai 900 orang, ”Sedangkan tahun ini kami hanya mendapatkan formasi 212 lowongan CPNS,” tandasnya.

Dia berharap, pemerintah pusat memberikan kebijakan kepada Jateng untuk bisa melakukan penggantian pegawai yang pensiun tersebut.

”Kami menyadari pertimbangan pemerintah pusat kemungkinan disesuaikan dengan kemampuan membayar gaji,” imbuhnya.

Seleksi tertulis CPNS, imbuh Suko akan dilaksanakan pada 3 November 2013 secara serentak di provinsi dan kabupaten/kota.
Comments
0 Comments

No comments :

Post a Comment