Monday, September 23, 2013

BlackBerry Messenger (BBM) untuk Android telah hadir

Kabar gembira bagi pengguna ponsel pintar khususnya Android bahwa kemarin 21 September 2013 secara resmi BlackBerry meluncurkan aplikasi andalannya BlackBerry Messenger atau dikenal dengan BBM di PlayStore "BBM tersedia 21 September 2013 untuk perangkat Android dan 22 September untuk iPhone," demikian pengumuman disampaikan Krishnadeep Baruah, Senior Director Marketing APAC for BBM, di Foundry 8, SCBDN, Jakarta, Kamis (19/9/2013).

BlackBerry Messenger ini bisa kalian download di PlayStore mulai tanggal 21 September 2013 jam 18.00 dengan Developers bernama BlackBerry Limited selain BlackBerry Limited dijamin itu semua palsu. Akan tetapi ada kabar buruknya juga kemarin (21 September 2013) sekitar pukul 24.00 WIB aplikasi tersebut terhapus dari PlayStore entah kenapa alasannya juga kurang tahu, mungkin karena BlackBerry Messenger yang ini bisa terinstal di Android Os Gingerbread karena saya mencobanya sendiri download dengan Android Os Gingerbread dan terinstal padahal BlackBerry sendiri mengisyaratkan BlackBerry Messenger untuk Android minimal Os ICS ke atas.

Ada kabar lain yang saya dapat terkait BlackBerry Messenger yakni untuk dapat menikmatinya perlu melakukan beberapa tahapan. Ini tahapan-tahapan yang mesti kalian lakukan untuk menggunakan layanan messaging milik BlackBerry ini.
  1. Pengguna diminta mengunjungi situs BBM.com melalui perangkat Android atau iPhone mereka. Disini BBM.com secara otomatis akan mendeteksi jenis perangkat Anda, kemudian mengarahkannya untuk mendownload aplikasi ke Google Play atau App Store secara gratis. 
  2. Pengguna harus mendaftar BlackBerry ID. Atau jika sudah punya, menggunakan BlackBerry ID yang sudah ada. 
  3. Pengguna akan mendapatkan PIN BBM. Nah, PIN inilah yang nantinya digunakan untuk menikmati layanan BBM di Android atau iOS. 
Untuk bisa menggunakannya, perangkat Android minimal berbasis Ice Cream Sandwich. Untuk iPhone minimal iOS 6. Perlu diingat, untuk perangkat iOS, BBM hanya bisa digunakan di iPhone. Tidak bisa di tablet PC. BBM di Android dan iPhone sendiri pada dasarnya memiliki fitur yang kurang lebih sama dengan BBM di BlackBerry. Sejumlah fitur dibenamkan BlackBerry untuk semakin menarik minat pengguna menggunakan layanan messagingnya tersebut. Fitur yang bisa dinikmati antara lain BBM Music, BBM Video dan sejumlah apps menarik lainnya. 

Lanjut lagi ke topik, BlackBerry Messenger yang kemarin yang saya lihat di PlayStore tersedia dalam beberapa jenis yakni Free dan Pro dan itu semua dapat didownload secara Gratis, padahal pada umumnya aplikasi di PlayStore yang berjenis Pro selalu berbayar, itu yang sempat membuat saya sendiri bingung makanya tak lama dari itu BlackBerry Messenger di PlayStore terhapus. Kemungkinan besar BlackBerry secara cepat merespon masalah teknis tsb. Jadi untuk sementara waktu kalian tidak dapat menjumpai BlackBerry Messenger di PlayStore, alangkah baiknya kalian sering memantau PlayStore di Android kalian untuk mengeceknya apakah sudah diupload lagi di PlayStore atau belum dan bisa diunduh kembali bagi yang  menanti BlackBerry Messenger ini.

Kemarin saya sempat mengunduh BlackBerry Messenger versi Pro dan menjalankannya ternyata masih membutuhkan aplikasi pendukung untuk menjalankannya yakni dengan menginstal aplikasi BES 10 Client tidak tahu juga ini fungsinya untuk pendukung apa. selain BES 10 Client masih ada beberapa aplikasi pendukung lain yakni Work Space Manager for BES10 dan Secure Work Space for BES10 kesemuanya dapat diunduh secara Gratis. Ingat semua aplikasi BlackBerry Messenger dan pendukungnya dirancang oleh developers BlackBerry Limited yang selain itu palsu.

Masalah terhapusnya BlackBerry Messenger dari PlayStore membuat saya bingung dan penasaran akan aplikasi ini dan saya tak kehilangan akal, saya mencoba tanya kesana kemari ke semua rekan saya pengguna Android tentang aplikasi ini, ternyata ada yang sudah instal aplikasi BlackBerry Messenger di perangkatnya dan mengatakan kalau BlackBerry Messenger untuk Android bisa terhubung dengan pengguna BlackBerry pada umumnya tidak sebatas untuk pengguna Android saja. Selain itu BlackBerry Messenger untuk beberapa waktu mengalami kesulitan koneksi bila sudah terlanjur terinstal diperangkat kalian saran saya bersabar saja hingga kembali lancar operasinya.

Hanya itu yang bisa saya ceritakan tentang kedatangan BlackBerry Messenger di perangkat Android pekan ini. Maaf ya kalau ketikannya berantakan..hehehe..maklum lagi belajar gan..

Jika kalian ingin aplikasi BlackBerry Messenger mentah alias sudah di repackaged dalam format apk dapat didownload di bawah ini :

Download Link
  1. BlackBerry Messenger (.apk) atau Mirror
  2. BES 10 Client
  3. Work Space Manager for BES10
  4. Secure Work Space for BES10 
Comments
0 Comments

No comments :

Post a Comment